Profil

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Muhammadiyah Jayapura merupakan satu-satunya sekolah tinggi ilmu komunikasi di Papua dan Papua Barat, yang pertama kali didirikan pada tanggal 26 September 2001 di  Tanah Hitam, Abepura, Kota Jayapura.

  1. Memiliki dosen sebanyak 26 orang yang terdiri dari 20 orang pada program studi Ilmu Komunikasi jenjang S-1 dan 6 orang pada program studi Hubungan Masyarakat jenjang D-3 dengan kualifikasi pendidikan 1 orang Profesor, 1 orang Doktor, 15 orang Magister dan 9 orang S-1 yang siap mengikuti pendidikan pada program magister.
    Selain itu melibatkan dosen status luar biasa sebanyak 9 orang yang berkualifikasi pendidikan S-2 bidang komunikasi, baik akademisi maupun praktisi dari instansi Pemerintah dan Swasta.
  2. Menerapkan sistem pelayanan akademik berbasis digital.
  3. Dosen menulis beberapa buku yang ber-ISBN.
  4. Memiliki jurnal Ilmiah yang diberi nama Mediasi yang terbit setiap semester sebagai wadah mempublikasikan hasil – hasil penelitian dosen yang juga merupakan bentuk pelaksanaan salah satu fungsi Lembaga PEnelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M).
  5. Memiliki desa binaan di Kelurahan Koya Barat dan Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura sebagai wujud pelaksanaan pengabdian pada masyarakat sebagai program wajib setiap tahun.
  6. Membuat MOU (mutual of understanding) sebagai wujud kerja sama dengan berbagai instansi Pemerintah dan Swasta seperti LPP RRI, KPDE (Dinas PTIK) Provinsi Papua dan berbagai media massa lainnya.
  7. Memiliki kemampuan yang relatif baik dalam kerja tim (team working).
  8. Memiliki laboratorium ICT, radio dan perpustakaan berbasis digital.
  9. Memiliki keragaman dan pengalaman dalam pengelolaan Sumber Daya.
  10. Memiliki kesadaran untuk melakukan antisipasi dan perubahan, perbaikan secara berkelanjutan (continuous improvement).
  11. Lokasi kampus yang cukup strategis dan memiliki peluang pengembangan.